WBBM DIRAIH, BPK JAMBI SEMAKIN MELAYANI

Jambi – BPK Perwakilan Provinsi Jambi (BPK Jambi) menjadi salah satu penerima penganugerahan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) sebagai Satuan Kerja berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) berdasarkan Keputusan MenPAN-RB Nomor 1034 Tahun 2022. Penganugerahaan tersebut disaksikan Kepala Perwakilan beserta seluruh pelaksana BPK Jambi melalui siaran langsung aplikasi YouTube (06/12/2022).

Predikat WBBM merupakan penghargaan tertinggi dalam Pembangunan Zona Integritas dimana Satuan Kerja dianggap telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dengan sangat baik untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima. Tahapan Penilaian Predikat WBBM antara lain melalui enam area perubahan yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

BPK Perwakilan Provinsi Jambi berkomitmen menjadi Satuan Kerja berpredikat WBBM melalui inovasi-inovasinya antara lain:

a. Bidang Pemeriksaan:

Pemilihan dan Pelaksanaan Pemeriksaan yang Menyentuh Layanan Publik, yaitu Pemeriksaan Kinerja Penyelenggaraan dan Pelayanan Sistem Manunggal Satu Atap (SAMSAT) pada Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemeriksaan Kinerja Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga pada Pemerintah Kota Jambi.

b. Bidang Pelayanan Publik:

Akuntabilitas untuk Semua dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (AkusTIK), melalui AkusTIK masyarakat dapat langsung berkunjung ke BPK Jambi terkait permintaan data, pengaduan masyarakat, koordinasi, sharing knowlegde, serta keperluan riset melalui koleksi digital perpustakaan BPK RI.

c. Bidang Pengawasan:

Sebagai alat bantu Kepala Perwakilan untuk melakukan pemantauan dan penilaian atas ketaatan unit kerja di lingkungan BPK Jambi terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, kode etik BPK, guna mencegah terjadinya penyimpangan dari ketentuan yang berlaku dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan fungsi dan tugas sesuai visi dan misi BPK.

d. BPK Jambi juga terus melakukan inovasi-inovasi untuk internal agar mendorong pencapaian kinerja pegawai yang lebih baik melalui Program Jarung Terbang, Kaliber, Ngobras, dan lainnya.

Kepala Perwakilan, Rio Tirta, memberikan apresiasi atas kerja sama seluruh pelaksana BPK Jambi atas pencapaian ini. Dalam kesempatan ini juga mengingatkan untuk terus menjaga integritas, independensi, dan profesionalisme serta menerapkan budaya kerja SIGINJAI dalam setiap pelaksanaan tugas, dan selalu berikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat baik melalui pemeriksaan maupun non pemeriksaan. BPK Jambi diharapkan juga dapat menjadi role model bagi instansi lain dalam pembangunan zona integritas.