All for Joomla All for Webmasters
Minggu, Desember 8, 2019

EPPID BPK PERWAKILAN PROVINSI JAMBI


“Layanan ini merupakan sarana layanan online bagi pemohon informasi publik sebagai salah satu wujud pelaksanaan keterbukaan informasi publik di Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jambi”

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)
BPK Perwakilan Provinsi jambi

Berdasarkan ketentuan pasal 21 Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, menyatakan bahwa badan publik harus menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Karena itu pada tahun 2011 melalui Keputusan Sekretaris Jenderal Nomor 430/K/X-XIII.2/11/2011, PPID BPK dibentuk. Sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan organisasi di lingkungan BPK, PPID BPK mengalami perubahan melalui Keputusan Sekretaris Jenderal Nomor 272/K/X-XIII.2/6/2015 yang berlaku hingga saat ini.

Sedangkan PPID pada BPK Perwakilan Provinsi Jambi TA 2019 dibentuk melalui Surat Keputusan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jambi Nomor 25/K/XVIII.JMB/3/2019. PPID tersebut bertanggungjawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan/atau pelayanan informasi di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jambi. Pelaksanaan tugas teknis PPID BPK dilakukan oleh Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) sebagai unit pelaksana pengelolaan dan pelayanan informasi publik.

Bagan Keanggotaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi
BPK Perwakilan Provinsi Jambi

Uraian tugas PPID BPK Perwakilan Jambi dapat dilihat pada tautan berikut (unduh)

DAFTAR INFORMASI PUBLIK

I. Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Berkala

1. Informasi yang Berkaitan dengan BPK
a. Alamat BPK Perwakilan Provinsi Jambi LIHAT
b. Profil BPK Perwakilan Provinsi Jambi LIHAT
c. Rencana strategis LIHAT
d. Tugas dan wewenang LIHAT
e. Bidang tugas pimpinan LIHAT
f. Struktur organisasi LIHAT
g. Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara LIHAT​
h. Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) LIHAT​
2. Informasi Mengenai Kegiatan dan Kinerja BPK
a. Agenda BPK LIHAT
b. Layanan publik BPK LIHAT
c. Penerimaan CPNS BPK LIHAT
d. Laporan Akuntabilitas Kinerja BPK LIHAT
3. Informasi Mengenai Laporan Keuangan BPK
a. Laporan Keuangan BPK Audited LIHAT
b. Rencana Kerja dan Anggaran BPK LIHAT
4. ​Informasi Lainnya
a. Ringkasan Pelayanan Informasi Publik LIHAT
b. Prosedur permintaan informasi LIHAT
c. Prosedur pengaduan masyarakat LIHAT
d. Pengadaan barang dan jasa LIHAT
e. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum BPK LIHAT

 

II. Informasi yang Wajib Disediakan dan Diumumkan Secara Serta-merta

BPK belum memiliki informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara serta-merta.

 

III. Informasi yang Wajib Tersedia Setiap Saat

a. Daftar informasi publik BPK LIHAT
b. Peraturan, Keputusan dan/atau Kebijakan BPK LIHAT
c. Surat perjanjian dengan pihak ketiga HUBUNGI PIK BPK
d. Dokumen pengadaan barang dan jasa HUBUNGI PIK BPK
e. Informasi terkait organisasi, administrasi, kepegawaian, dan keuangan BPK
1) Pedoman Operasional Standar HUBUNGI PIK BPK
2) Profil pimpinan LIHAT
3) Profil pegawai Tersedia di aplikasi internal
4) DIPA RKA BPK LIHAT
5) Laporan tahunan BPK LIHAT
f. Surat menyurat pimpinan HUBUNGI PIK BPK
g. Informasi mengenai keuangan
1) Laporan Keuangan BPK (Audited) LIHAT
2) Daftar inventaris BMN HUBUNGI PIK BPK
3) Rencana Strategis BPK 2016 – 2020 LIHAT
h. Informasi mengenai pedoman pelayanan BPK
1) Layanan PIK LIHAT
2) Pedoman Operasional Standar HUBUNGI PIK BPK
i. Laporan pelayanan PIK
1) Profil PIK LIHAT
2) Laporan tahunan PIK LIHAT
j. Rencana Strategis BPK 2016 – 2020 LIHAT
k. Daftar penelitian yang dilakukan BPK HUBUNGI PIK BPK
l. Laporan pelanggaran (pengaduan) masyarakat HUBUNGI PIK BPK

Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) BPK Perwakilan Provinsi Jambi merupakan tempat/sarana pengelolaan dan pelayanan informasi publik BPK RI sebagai langkah pemberlakuan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

A. PERSYARATAN
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi pemohon informasi publik untuk memperoleh informasi publik adalah sebagai berikut:
1. Warga Negara Indonesia;
2. Mengisi Formulir Permintaan Informasi
3. Menunjukkan identitas diri (KTP/SIM/ID Card) dan melampirkan photocopy identitas diri;
4. Pengguna Informasi Publik wajib menggunakan Informasi Publik dengan mencantumkan sumber dari mana ia memperoleh Informasi Publik, baik yang digunakan untuk kepentingan sendiri maupun untuk keperluan publikasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
5. Jika berasal dari Instansi/Lembaga maka harus menyertakan surat permohonan tertulis dari Instansi/Lembaga yang bersangkutan terkait tujuan permintaan data hasil pemeriksaan untuk menghindari penyalahgunaan data.

B. PROSEDUR
Dalam rangka pelayanan informasi publik, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui PIK menyediakan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh informasi publik ataupun dalam mengajukan pengaduan/keluhan melalui prosedur/mekanisme sebagai berikut:
Untuk mendapatkan informasi publik, perlu dilakukan pengisian formulir permintaan informasi publik. Ketentuan pengisian formulir permintaan informasi publik adalah sebagai berikut:
1. Bagi pemohon informasi yang datang langsung, dapat mengisi formulir permintaan informasi dengan melampirkan surat permintaan dan fotocopy identitas diri (sesuai persyaratan);
2. Bagi pemohon informasi yang melalui surat/e-mail, website, permintaan informasi dilampiri dengan scan / fotocopy identitas diri, dan formulir permintaan informasi publik yang telah diisi (formulir tersebut dapat diunduh), sesuai persyaratan, dan dikirim ke alamat sebagai berikut:

Pusat Informasi dan Komunikasi – BPK Perwakilan Provinsi Jambi
Sub Bagian Humas dan TU Kepala Perwakilan
Jalan Pangeran Hidayat Km.6,5 No.65 Kotabaru Jambi
Telp. (0741) 445388
Faks. (0741) 445386

C. WAKTU PELAYANAN INFORMASI
Waktu pemberian pelayanan informasi publik di BPK Perwakilan Provinsi Jambi dilaksanakan pada hari kerja, yaitu Senin-Jumat dengan Jam Operasional sebagai berikut:
Senin – Kamis : 09.00 – 15.00 WIB
Ishoma : 12.00 – 13.00 WIB
Jum’at : 09.00 – 15.00 WIB
Ishoma : 11.30 – 13.00 WIB

D. PENGADUAN MASYARAKAT

E. PERMINTAAN INFORMASI
Formulir Permintaan Online atau Unduh Formulir Permintaan Informasi di sini [Unduh…]

Publik/masyarakat dapat menyampaikan pengaduan dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Mengisi formulir pengaduan masyarakat atau [Unduh…];
  3. Melampirkan fotokopi identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/ID Card);
  4. Dapat menjelaskan siapa, apa, bilamana, dimana dan bagaimana kejadian yang dilaporkan (kronologis aduan);
  5. Melampirkan bukti awal aduan, seperti: fotokopi dokumen, foto atau barang lain yang dapat memperkuat uraian aduan yang disampaikan.
  • Dokumen yang wajib dilampirkan adalah sebagai berikut:
    1. scan formulir (halaman 1 dan 2) yang sudah diisi dan ditandatangani (sesuai panduan pengisian);
    2. scan/fotocopy identitas diri;
    3. bukti awal aduan.
  • Pengaduan tersebut beserta lampiran, silahkan dikirimkan kepada BPK Perwakilan Provinsi Jambi dengan cara:
    • Datang ke Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jambi dan diserahkan kepada petugas secara langsung atau dimasukkan ke dalam kotak Pengaduan Masyarakat yang tersedia
    • Dikirimkan melalui pos ke alamat:

      BPK PERWAKILAN PROVINSI JAMBI
      d/a Jalan Pangeran Hidayat No.65 KM.6,5 Kel. Sukakarya, Kec. Kota Baru Provinsi Jambi 36127

    • Dikirimkan melalui faksimili ke : (0741) 445386
    • Dikirimkan ke alamat e-mail:humastu.jambi@bpk.go.id
  • Pengaduan hanya akan diproses apabila seluruh dokumen beserta lampiran (identitas diri dan bukti awal aduan) yang disampaikan telah diterima dengan lengkap

PENGAJUAN KEBERATAN DAN SENGKETA ATAS INFORMASI

Keberatan atas Informasi Publik

  • Syarat dan Prosedur Pengajuan Keberatan
    • Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ditemukannya alasan sebagai berikut:
      1. Adanya penolakan atas permohonan informasi;
      2. Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala;
      3. Tidak ditanggapinya permohonan informasi;
      4. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
      5. Tidak dipenuhinya permohonan informasi;
      6. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
      7. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya.
    • Registrasi Pengajuan Keberatan
      1. Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan .
      2. Petugas Informasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.
      3. Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambatlambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.

Untuk merangkum kegiatan pelayanan informasi publik yang telah dilakukan, maka disusunlah Laporan Pelayanan Informasi Publik BPK Perwakilan Provinsi Jambi. Tujuan penyusunan laporan ini adalah untuk mengetahui harapan masyarakat kepada BPK dalam menjalankan kegiatan, tugas, dan fungsinya sebagai lembaga pemeriksa yang mandiri, transparan, dan akuntabel. Laporan Pelayanan Informasi Publik BPK juga merupakan salah satu pelaksanaan dari UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Laporan Permintaan PIK 2018 (unduh)
Laporan Permintaan PIK 2017 (unduh)
Laporan Permintaan PIK 2016 (unduh)
Laporan Permintaan PIK 2015 (unduh)

Free WordPress Themes, Free Android Games